Akibat Kabut Asap

Diskes Pekanbaru  Catat Penderita  ISPA Juli-Agustus Capai 7.745 Orang

Drs M Amin Msi

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Hingga saat ini,  Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru telah mencatat penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) periode Juli-Agustus 2019 mencapai angka 7.745 orang.

"Pada bulan Juli tercatat sebanyak 3.540 kasus dan Agustus ini sudah 4.205 kasus. Ini sesuai laporan yang kita terima dari seluruh Puskesmas," ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Drs Muhammad Amin Msi, kepada wartawan,  Senin (26/8/2019).

Dijelaskan Amin, meningkatnya penderita ISPA sejak dua bulan terakhir lebih diakibatkan kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kabupaten/kota dan provinsi tetangga yang menyelimuti Kota Pekanbaru.

"Tapi peningkatannya tidak banyak, sekitar 900 orang per bulan. Seperti kasus ISPA pada Agustus 2018 lalu, itu jumlahnya sekitar 3.000 lebih, itu tidak ada kabut asap. 

Sementara Agustus tahun ini jumlahnya sudah 4.000 lebih. Artinya, tidak semua penderita ISPA ini karena kabut asap, tapi banyak faktor lain juga sebagai penyebab," terang Amin.

Ditambahkan Amin, khusus penanganan bagi warga yang terdampak kabut asap, pihaknya telah memerintahkan seluruh puskesmas menyiapkan ruangan evakuasi.

"Bagi pasien yang terdampak kabut asap bisa langsung diobati. Untuk obat-obatan sendiri masih mencukupi. Namun tetap kita ajukan permohonan bantuan ke Diskes Provinsi dan sekarang masih  dalam diproses," tutup Amin (Dl/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar